Kamis, 16 Maret 2017

Pengertian Modem, Fungsi Modem, Cara Kerja dan Jenis Modem

Pengertian Modem, Fungsi Modem, Cara Kerja dan Jenis Modem



modem

Pengertian Modem

Modem berasal dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulator. Modulator merupakan suatu rangkaian yang digunakan untuk melakukan proses modulasi atau proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa data tersebut (carrier signal) kesinyal informasi atau pesan agar sampai ke penerimanya melalui media kabel atau frekuensi gelombang wireless.dalam hal ini sinyal pesan disebut dengan pemodulasi, adapun data  yang dikirim dari komputer berupa sinyal dan dirubah menjadi sinyal analog.
sedangkan Demodulator merupakan proses untuk mendapatkan kembali data atau proses penerimaan data berupa sinyal yang yang diterima dari pengirimnya.dalam hal ini sinyal pesan di pisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. data yang berupa sinyal analog kemudian dirubah menjadi sinyal digital agar bisa dibaca dikomputer penerimanya.
berdasarkan pengertian Modulator dan Demodulator dapat disimpulkan bahwa pengertian dari Modem yaitu sebuah hardware yang berguna untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau merubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang bertujuan untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju.

Fungsi Modem

Fungsi modem yaitu perangkat keras yang digunakan untuk berkomunikasi dua arah merubah sinyal digital menjadi sinyal analog begitu sebaliknya. apabila sebuah komputer mengirim sinyal digital ke komputer yang di tuju menggunakan modem maka modem  akan merubah sinyal digital tersebut menjadi sinyal analog terlebih dahulu dan di transmisi melalui kabel telepon untuk menghantarkan ke komputer tujuan dan sebaliknya.
Semakin pesatnya perkembangan teknologi sekarang modem telah memiliki fasilitas voice modem yang dapat digunakan sebagai saluran radio, percakapan telepon maupun audio lainnya. modem memiliki metode checksum yang digunakan untuk mengecek informasi yang diterima apakah rusak atau tidak, jika terdapat kerusakan pada informasi maka akan dikembalikan ke tempat asal informasi itu dikirim. hal ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat kesalahan yang terjadi ketika melakukan transmisi sinyal.

Cara Kerja Modem

Cara kerja modem yitu merubah sinyal dari analog kedigital dan sebaliknya. saat kita menggunakan internet dan mengupload file maka sinyal yang kita kirim berupa sinyal digital dan modem akan merubahnya menjadi sinyal analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media yang lain. setelah itu apabila sinyal di terima oleh komputer tujuan, sinyal masih berupa sinyal analog dan di rubah oleh modem menjadi sinyal digital agar dapat di proses oleh komputer tujuan.

Jenis Jenis Modem

jenis modem dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu berdasarkan jenis jaringannya dan jenis pemasangannya.

Jenis Modem Berdasarkan Jaringannya

1. Modem kabel
modem kabel yaitu modem yang menerima data dan mengirim data internet melalui jaringan TV kabel. Data yang dikirim dan diterima berupa data digital dengan kecepatan setara dengan modem DSL.
2. Modem CDMA
Modem CDMA merupakan modem dial up wireless yang bekerja dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) contohnya seperti modem CDMA dengan model USB atau menggunakan telepon genggam CDMA.
3. Modem GSM
Modem GSM merupakan modem wireless mobile yang bekerja dalam jalur komunikasi telepon genggam GSM. modem ini memiliki jaringan GPRS/EDGE atau layanan 3G. seperti Modem GSM dengan model usb atau telepon genggam yang mendukung jaringan GPRS/EDGE atau layanan 3G
4. Modem DSL (Digital Subscriber Line)
Modem DSL yaitu modem yang menerima dan mengirimkan data dengan sinyal digital melalui jaringan terdedikasi (dedicated line – jaringan khusus yang tersedia untuk jaringan internet, yang secara fisik menggunakan kabel telepon). modem ini menerima dan mengirim data berupa data digital, sehingga akses internet lebih cepat dibandingkan dengan modem analog. ada dua jenis Modem DSL yaitu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line) dan SSL (Symmetric Digital Subscriber line).
5. Modem Analog
Modem Analog modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui jaringan tranmisi data kemudian mengubahnya menjadi data digital untuk dikirim kekomputer tujuan dan sebaliknya. modem ini dgunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon.

Jenis modem Berdasarkan Pemasangannya

1. Modem Internal
Modem Internal merupakan Hardware jaringan yang terdapat pada papan ekspansi yang dipasangkan pada slot motherboard di Cpu. Keuntungan modem ini yaitu cara pemasangannya yang mudah dan harganya relatif murah. Modem internal ini juga disebut sebagai On-Board Modem.
2. Modem Eksternal
Modem Eksternal merupakan modem yang dipasangkan di luar komputer, biasanya dipasang pada slot USB dan Kabel LAN. Kelebihan dari modem eksternal adalah dapat dengan mudah dibawa atau dipindahkan ke komputer lain.
sekian artikel yang dapat saya tulis kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya.

2 komentar: