Kamis, 16 Maret 2017

5 APLIKASI INTERNET YANG SERING DIPAKAI

5 APLIKASI INTERNET YANG SERING SAYA PAKAI

Sebagian pengguna internet di dunia ini pasti sudah mengenal apa itu Facebook. Yaitu aplikasi internet yang berguna untuk menghubungkan satu orang dengan orang lainnya dengan mudah. Kita tinggal memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan orang yang kita cari, misalkan  saja namanya. Fesbuk akan mencarikannya dengan cepat, bila anda memasukkan datanya dengan tepat. fesbuk akan memunculkan bebeapa orang yang mendekati dengan data orang yang anda cari
Bagi beberapa orang, aplikasi facebook menjadi sasaran utama yang ingin dibuka setiap kali menyalakan komputer dan terkoneksi dengan internet. Walaupun aplikasi ini tersedia di hanphone, menurut saya akan lebih puas jika menggunakannya via computer. Selain tentu saja tampilannya lebih gede (lebih jelas), akan lebih mudah bagi kita untuk meng upload foto, merubah profil, dll.
Facebook  menjadi bermanfaat bila digunakan untuk hal-hal yang benar. Misalnya update status  yang berisi motivasi positif kepada temannya agar lebih semangat. Ato mungkin ayat-ayat  Alquran, walupun cuma satu ayat, akan menambah ilmu bagi semua yang membacanya.
Sebaliknya, Fesbuk akan menjadi hal yang merugikan bagi pribadi dan masyarakat. Bila digunakan sebagai media propaganda , provokasi, hujatan dan semua hal yang besifat negatif.Contoh yang paling sederhana: update status yang berisi keluhan, tentang betapa suramnya masa depan dirinya sendiri atau mungkin menjelekkan bangsa sendiri.. akan membuat orang yang membaca menjadi pesimis memandang masa depan.
Atau seperti info terakhir tentang munculnya grup Partai yang pernah dilarang oleh pemerintah (PKI) muncul di fesbuk. bila tidak diberikan info yang benar, akan mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa.
Dan banyak  lagi tentunya  contoh2 negatif dari penggunaan fesbuk.
2.Yahoo.messanger
Yahoo! Messenger atau sering disebuut YM. Merupakan aplikasi milik situs http://www.yahoo.com yang fokus pada komunikasi antar pengguna internet. YM dpt  digunakan untuk mengirimkan pesan singkat ke teman kita di seluruh dunia melalui internet.Chatting dengan teman kita, Bahkan untuk versi terbarunya dapat digunakan sebagai alat komunikasi telepon ke seluruh dunia melalui teknologi voip. Yahoo Mesenger bisa disebut versi compact nya situs Yahoo! sendiri. Karena dalam YM terdapat kolom-kolom yang berisi berita atau artikel apapun yang ada di situs induknya.
Yahoo Messenger menjadi pilihan kedua saya setelah Facebook. Fasilitas yang saya gemari tak lain adalah teknologi Chatting-nya, yang dilengkapi dengan webcam. Sering saya manfaatkan untuk menemui kawan-kawan lama saya (yang sedang online tentunya).yang berada di kampung halaman. Selain itu, kita juga dapat bergabung di forum atau komunitas chat tertentu untuk bertukar pikiran.

3.  Searching Engine Google
Bila dilihat dari segi manfaat, seharusnya aplikasi Google berada diurutan teratas di Polling manapun , atau data statistik manapun. Karena memang manfaat Google sangatlah besar di internet. Sering disebut Kamus Besar Internet, Om Google, ada juga yang menyebut mbah Google, karena di konotasikan dengan seorang Dukun.
Aplikasi Internet sebagai mesin pencari (searching engine) terkemuka di dunia, mengalahkan Yahoo,MSN, Bing dll. Dengan hanya mengetikkan kata kunci sesuai apa yang kita cari, Google langsung bekerja mencari keyword tersebut diseluruh belahan dunia internet.  Membantu menemukan situs-situs apapun yang berhubungan dengan hal-hal yang kita cari.
Menjadi salah satu dari 5 yang terfavorit bukanlah hal yang aneh bagi Google.. karena setiap kali kita terhubung dengan internet, kita- kususnya saya- sebagai pelajar,tidak bisa lepas dari google. Berbagai tugas yang diberikan oleh pengajar, akan cepat terselesaikan dengan bantuan Google.  ( Semua sudah tahu itu).
4. WebBlog WordPres
WORDPRESS mendapat jatah ke-4 dalam pilihan saya. Bukan maksud apa-apa, tapi karena memang saya termasuk orang baru dalam dunia “blog”.  Baru mulai bikin 3 bulan lalu dari posting ini dibuat. Meririntis dari nol (lebay),  tanya sana-sini,  searching (lagi2) Google,  baca diskusi forum (tapi ga pernah join  ), baca buku, dll.   Tadinya bikin blog karena terpaksa hanya untuk memenuhi tugas.. tetapi lama-lama seru juga, tiap hari jadi ada inspirasi untuk ‘menulis’. Tetapi belum satupun yang sempat di upload.
Blog baru muncul beberapa tahun lalu, menurut saya, bisa disebut generasi ke-2 nya internet. Artinya teknologinya lebih canggih dikit daripada Internet Generasi pertama. Dulu sebelum ada blog. Suatu site hanya mampu upload satu arah, jadi, orang lain yang membrowsingnya tidak dapat melakukan apa-apa terhadap site tersebut selain hanya melihat dan membacanya saja. Sedangkan setelah munculnya Blog, pembaca dapat berinteraksi dengan penulis dengan memberikan komentar, sanggahan, bahkan bisa mengubah dan menambah isi dari blog tersebut, tentunya dengan ijin pemilik blog.
5.  Video Broadcast Youtube

Aplikasi internet yang satu ini sih sebenarnya jarang di pakai.  Lebih condong ke hanya iseng saja untuk buka aplikasi ini. Tetapi menjadi pilihan teratas daripada site-site serupa lainnya seperti aplikasi download lagu mp3, game dan content-content lainnya. Youtube lebih sering kita gunakan untuk mengisi waktu. Menonton video-video lucu, atau berita terhangat, video clip terbaru,  dlsb.
Youtube memberikan beberapa fasilitas menarik. Jadi tidak hanya menonton saja, kita bisa menyimpan video yang kita inginkan ke dalam komputer kita dengan cara mendownloadnya. Ada beberapa situs yang dapat membantu mempercepat proses download. Salah satunya di http://www.keepVid.com, dengan memasukkan url yang terdapat pada Yiutube, maka kita dapat dengan mudah dan cepat mendowload video, bahkan bisa sekaligus mengconvertnya menjadi file yang kita inginkan.
Yang paling salut dari aplikasi ini adalah, tidak adanya video yang berbau pornografi.  Memang  nggak bisa atau memang saya belum menemukan nya, saya belum tahu pasti. Semoga server-server di indonesia dapat memblokir video semacam itu. Tetapi, selain mempunyai kelebihan, tentunya juga mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah , bila kecepatan jaringan internet kita lambat, video akan lambat pula diputar. Seperti salah satu iklan modem yan sering diputar di TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar