Kamis, 16 Maret 2017

Cara Membuat Animasi Presentasi Powerpoint yang Menarik + Video Tutorial

Cara Membuat Animasi Presentasi Powerpoint yang Menarik + Video Tutorial

37 Website Tempat Download Gambar & Foto Gratis Untuk Presentasi PowerpointBukan sekali dua kali saya mendapat pertanyaan tentang bagaimana cara membuat text/ gambar bisa bergerak saat slide di tampilkan (baca: animasi).
Untuk mempermudah menjawab pertanyaan tersebut saya putuskan untuk segera menyelesaikan panduan ini,
Sebenarnya di google banyak panduan cara membuat animasi presentasi powerpoint, tapi setelah saya membaca panduan tersebut yang terjadi malah membuat slide presentasi Anda seperti (maaf) buatan anak kecil yang sedang main-main.
Bukan layaknya presentasi professional seperti yang hendak Anda lakukan.
Tidak hanya dalam bentuk artikel, saya pandu juga dalam bentuk video tutorial sehingga bagi yang kesulitan mengikuti panduan text bisa langsung lihat videonya.
Tapi sebenarnya ada yang lebih pending dari sekedar tutorial, apa itu? yaitu mindset.
Tutorial bisa dicari di banyak tempat bahkan tanpa panduan ini Anda utak atik sendiri 1-2 jam pasti bisa.
Serius..
Tapi ketika cara berfikir yang kurang tepat maka bukan slide professional yang didapat tapi hanya slide yang membuat presentasi Anda semakin kacau.
Beberapa hal berikut ini yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Mengapa Menggunakan Animasi

Animasi bukan mainan, yang hanya sekedar menambahkan efek supaya text/ gambar anda bisa melayang-layang.
Tujuan penggunaanya bukan itu tapi untuk membuat presentasi Anda menjadi lebih mudah difahami dan tentunya lebih menarik untuk disimak.
Didalam satu slide biasanya ada beberapa objek/ point yang ingin anda jelaskan secara bertahap. Maka inilah saat yang tepat untuk menggunakan animasi.
Anda bisa memunculkan  satu point lalu menjelaskannya kemudian point yang lain dan kembali menjelaskan.
Seperti contoh slide berikut:
contoh slide presentasi company profile powerpointTanpa animasi semua informasi akan muncul secara bersamaan, ini bisa membuat audiens bingung.
Dengan animasi Anda bisa mengajak audiens untuk fokus mendegarkan dan memahami dulu satu bagian kemudian berpindah kebagian yang lainnya.

Jangan Menciptakan Distraksi (Gangguan)

Pernah lihat slide yang penuh dengan animasi, ketika objek keluar harus berputar-putar lama dan dikuti dengan sound efek tepuk tangan/ suara-suara lainnya.
Atau jangan-jangan Anda sendiri masih menggunakan slide seperti itu? tolong segera bertobat ya..
Jujur animasi seperti itu bukan membuat presentasi Anda terlihat keren tapi hanya akan menciptakan distraksi (gangguan).
Tidak semua animasi yang ada cocok untuk anda gunakan dalam presentasi, point pentingnya tetap tampilkan animasi yang sederhana dan secukupnya.
Distraksi seperti ini membuat audiens bukan tambah fokus pada presentasi tapi malah terganggu dengan animasi yang berlebihan.
Saya sendiri lebih sering menggunakan animasi jenis Fade atau Float in karena sederhana dan lebih terlihat professional.

Cara Membuat Animasi Presentasi Powerpoint yang Menarik

Sangat mudah, Anda hanya perlu memilih objek yang kemudian diberikan efek animasi. Lihat video dibawah ini dan saya jamin hanya dalam hitungan menit Anda sudah bisa membuat animasi yang keren.
Catatan: Video tutorial diatas adalah 1 sari 22 video tutorial lain yang saya buat, untuk 22 video tutorial yang lain bisa di dapatkan di PakarPresentasi.com (klik disini).
Kalau Anda belum sempat melihat videonya silahkan ikuti panduan berikut tapi untuk detail yang tidak bisa saya tuliskan tetap harus Anda lihat di video.
Saya buat sesederhana mungkin supaya mudah untuk diikuti:
Cara Membuat Animasi Presentasi Powerpoint yang MenarikIkuti langkah berikut ini:
  1. Klik item yang akan diberikan animasi misalnya text, gambar atau shape. Ketika di klik akan muncul tanda seperti di text “team terbaik”
  2. Klik menu animasi, gunakan animasi sesuai kebutuhan. Ada tiga jenis efek animasi Entrance Effects untuk memunculkan objek, Emphasis Effects untuk memberi penekanan pada objek, Exit Effects untuk menghilangkan objek, untuk yang lainnya adalah tambahan.
  3. Effect option sebagai pilihan arah muncul/ hilangnya objek
  4. Add animation apabila anda ingin menggunakan lebih dari 1 jenis animasi
  5. Animation pane untuk mengatur urut-ututan kemunculan objek
  6. Mengatur lamanya efek pada objek dan cara keluarnya, di start anda bisa memilih muncul sendiri atau di klik dengan pointer
Apabila anda ingin membatalkan atau menghapus animasi, klik saja pada animation pane (no.5) lalu tekan tombol delete.

Cara Menambahkan Transisi Pada Slide Powerpoint

Selain animasi anda juga bisa menambahkan transisi.
Fungsi transisi sama dengan animasi yaitu memberikan efek pada objek, bedanya transisi  tujuannya memberikan efek untuk perpindahan antar slide.
Untuk transisi saya sendiri tidak pernah menggunakan yang macam-macam biasanya transisi fade. Prinsipnya masih sama yaitu transisi yang sederhana dan secukupnya.
Cara Membuat Animasi Transisi Presentasi Powerpoint yang MenarikIkuti langkah berikut ini:
  1. Klik item yang akan diberikan transisi
  2. Klik menu transisi, gunakan transisi sesuai kebutuhan.
  3. Effect option sebagai pilihan arah muncul/ hilangnya efek transisi
  4. Timing fungsinya bermacam-macam, sound untuk memberi efek suara pada saat perpindahan saran saya tidak perlu digunakan, apply to all apabila ingin menggunakan 1 jenis transisi untuk semua slide, untuk presentasi saya lebih sering menggunakan apply to all.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar